5 Hal yang Dilakukan Sebelum Doa Sholat Tahajud

kodebank.my.id – Melaksanakan atau melakukan doa sholat tahajud harus melakukan persiapan terlebih dulu, agar sholat tahajud tersebut bisa terlaksana dengan sempurna, sah dan doa Anda diterima oleh Allah. Selain sholat lima waktu yang merupakan ibadah paling utama, sholat tahajud harus mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan dalam Islam. Adapun hal-hal yang harus dilakukan sebelum sholat tahajud dan berdoa, adalah sebagai berikut. 

1. Tidur

Dalam melakukan ibadah sholat tahajud, diperlukan melakukan tidur terlebih dulu sebelum itu. Karena waktunya adalah sepertiga malam, maka tidur sebelum sholat tahajud masuk dalam ketentuan sholat dan termasuk salah satu yang harus dilakukan sebelum sholat. 

Namun, mungkin bukan sebuah keharusan atau kewajiban tapi ada baiknya jika itu dilakukan. Bahkan, jika setelah sholat tahajud Anda kelelahan maka Anda diperbolehkan tidur kembali sampai menjelang subuh datang. 

Jika Anda tidak yakin untuk bisa bangun melakukan sholat tahajud, maka Anda bisa tidak harus melakukan tidur sebelum sholat. Namun, karena waktu terbaik untuk melakukan sholat tahajud adalah sepertiga malam maka dianjurkan untuk tidur dulu agar bisa khusyuk saat mengerjakan sholat.

2. Berwudhu Atau Bersuci

Setiap hendak melakukan ibadah terutama sholat, haruslah bersuci atau melakukan wudhu. Agar, Anda terbebas dari hadas dan najis saat menemui Allah SWT. Dengan begitu, Anda sudah bersih dan suci dari najis. Bersuci sangat diwajibkan, karena sangat tidak pantas jika Anda ingin menghadap sang pencipta dan meminta segudang permohonan dalam keadaan kotor. Tidak hanya untuk melakukan sholat, melakukan membaca kitab suci Al-Qur’an pun kita wajib bersuci dari hadas dan najis atau berwudhu.

3. Niat

Sebelum dimulai sholat tahajud, pastinya Anda harus membaca doa niat sholat tahajud. Sama dengan sholat- sholat yang lainnya, dengan mengucapkan kalau Anda berniat sholat tahajud sebanyak 2 rakaat. 

Untuk banyaknya rakaat yang harus dikerjakan tidak terbatas tergantung kemampuan Anda, sedangkan untuk setiap sholat terdiri dari 2 rakaat seperti sholat sunnah lainnya. Jangan sampai mengucapkan niat dengan keras sebelum sholat, karena hal tersebut tidak termasuk dalam syarat sah sholat tahajud.

4. Zikir Sebelum Sholat Tahajud

Sebelum memulai melakukan sholat tahajud, Anda bisa mengucap zikir terlebih dulu. Zikir apapun tidak menjadi masalah terutama jika Anda ingin melakukan sholat tahajud berjamaah, sambil menunggu sholat dimulai Anda bisa berzikir terlebih dulu mengingat namaNya. Pada dasarnya, zikir bisa dilakukan kapanpun. Oleh karena itu, sangat baik melakukan zikir sebelum dan sesudah sholat tahajud ini.

5. Sholat Witir

Setelah melakukan sholat tahajud, sebelum Anda memulai memanjatkan doa Anda perlu melakukan ibadah sholat witir sebagai penutup terlebih dulu. Jumlah rakaat sholat tahajud yang tidak terbatas dan sesuai kemampuan Anda, diselesaikan dan ditutup dengan sholat witir. Jika Anda sudah melakukan sholat berjamaah pada sholat tarawih di bulan ramadhan, maka Anda diwajibkan melakukan sholat tahajud secara sendiri dan dilanjutkan dengan witir.

Setelah semua hal-hal di atas Anda lakukan, maka Anda pun bisa langsung memanjatkan doa sholat tahajud baik doa yang sudah ditentukan maupun doa Anda sendiri dengan kata-kata Anda sendiri. 

Semua yang harus dilakukan bak sebelum maupun sesudah sholat tahajud tergantung pada Anda sendiri, ada baiknya semua yang terbaik sangat dianjurkan untuk dilakukan demi maksimalnya Anda dalam melakukan ibadah sunnah yang utama ini sehingga Allah pun juga maksimal dalam mengabulkan permintaan dan doa-doa Anda.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Whatsapp dan Cara Menggunakannya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *