Untung dan Rugi Investasi Bitcoin

Mungkin bagi yang gemar mengikuti perkembangan ekonomi sekarang, tentunya mengerti dan mengetahui apa yang dinamakan Bitcoin.

Dalam dunia ekonomi, perbankan dan teknologi, Bitcoin adalah suatu bentuk uang dalam format digital atau elektronik yang mana dikenal dengan nama cryptocurency.

Banyak orang yang mengatakan bahwa berinvestasi Bitcoin lebih menguntungkan daripada bermain forex atau menginvestasikan uangnya dalam bentuk deposito atau juga membeli emas. Namun betulkah investasi Bitcoin menguntungkan? Berikut ini untung dan rugi investasi Bitcoin.

Sejarah

Sebelum membahas masalah untung dan rugi berinvestasi Bitcoin, ada baiknya Anda mengetahui sekelumit sejarah dari Bitcoin itu sendiri.

Bitcoin adalah bentuk mata uang digital atau elektronik yang pertama kali diperkenalkan dan dirilis ke publik oleh seorang pseudonumous Developer yang kabarnya bernama Satoshi Nakamoto. Dikatakan kabarnya karena sampai detik ini belum ditemukan orang yang bernama Satohsi Nakamoto tersebut.

Dalam pemakaiannya, Bitcoin dapat digunakan secara bebas dari individu ke individu sampai dengan individu ke kelompok yang lebih besar tanpa harus dipusingkan dengan birokrasi badan lain, seperti bank atau lembaga keuangan. Dikarenakan aturan dan birokrasinya sangat friendly, maka banyak orang yang tertarik menggunakannya.

Dikarenakan segala sesuatu yang bersifat digital masih saja memiliki risiko diretas, maka untuk pengamanannya, digunakanlah teknologi yang dinamakan Blockchain yang berfungsi untuk menjaga Bitcoin dari segala tindak peretasan atau penipuan online.

Keuntungan

Tentu saja dikarenakan tidak terikat dengan pemerintah tertentu atau lembaga tertentu, maka Bitcoin tidak membutuhkan birokrasi berbelit untuk digunakan. Berikut keuntungan dari Bitcoin.

1. Bebas inflasi

Bitcoin sendiri tidak mewakili satu negara manapun dan dikarenakan hal itulah, maka apapun kondisi perekonomian dunia tidak akan mengakibatkan inflasi pada mata uang digital satu ini.

2. Lebih mudah dan cepat

Anda juga dapat lebih mudah dan cepat dalam bertransaksi menggunakan Bitcoin. Bahkan, ketika digunakan untuk bertransaksi, tidak ada biaya tambahan lain yang sangat besar yang dibebankan. Adapun biaya tambahan yang dikenakan sangat minim atau kecil sekali.

3. Digunakan global

Seperti yang disebutkan pada poin satu, dikarenakan tidak terikat dengan negara manapun, maka selain tidak akan terkena inflasi, Bitcoin juga dapat digunakan di seluruh dunia tanpa batasan. Bahkan, nilainya juga tetap tanpa terpengaruh mata uang resmi dari suatu negara.

4. Investasi yang tepat

Seperti halnya mata uang di seluruh dunia, Bitcoin pun juga mengalami fluktuasi. Namun sejauh ini dari awal diciptakan, fluktuasi Bitcoin sangat stabil dibandingkan dengan mata uang setiap negara atau bahkan jika dibandingkan dengan bentuk investasi lain, seperti emas atau komoditas lain.

Kerugian

Tidak ada sesuatu yang merupakan buatan manusia tidak memiliki sisi minus. Hal tersebut juga dimiliki oleh Bitcoin. Berikut beberapa kerugian yang dimiliki Bitcoin.

1. Belum teruji

Tentu saja jika dibandingkan dengan mata uang pada umumnya yang sudah digunakan sejak berpuluh-puluh tahun dan sudah teruji, serta menjadi alat transaksi massal tanpa terbentur media atau apapun, maka penggunaan Bitcoin dirasa masih belum memiliki tingkat uji kelaikan yang benar-benar paten sepenuhnya.

2. Tidak sepenuhnya diterima

Disebutkan dalam poin ke-3 di mana Bitcoin dapat digunakan secara global, namun bukan berarti untuk penggunaannya juga diterima di seluruh dunia.

Banyak merchant di berbagai negara yang masih belum menerima pembayaran menggunakan Bitcoin karena rata-rata masih percaya akan mata uang asli dan pembayarannya menggunakan pihak ketiga, seperti PayPal, Payoneer dan lain sebagainya.

3. Rawan hilang

Tidak ada satu tempat yang aman di internet. Dari tahun ke tahun kelihaian dan kepintaran para hacker untuk membobol suatu sistem semakin canggih. Dengan kecanggihan yang terus meningkat tersebut, maka tidak menutup kemungkinan munculnya risiko terhadap Bitcoin yang mana beroperasi secara online dan menggunakan internet. Ketika nominal Bitcoin kita diretas atau hilang, maka sangat sedikit pihak yang dapat memberikan atau mencairkan klaim.

Nah, dari poin-poin di atas, maka Anda dapat menentukan sendiri apakah akan berinvestasi Bitcoin atau memilih jenis komoditas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *