Tips Pintar Atur Keuangan Supaya Biaya Makan Tak Membengkak

Wah, gajian masih kurang seminggu tapi kok uang tinggal segini, ya? Hal ini pasti pernah dirasakan semua orang. Meski tak ada barang mahal yang dibeli selama sebulan, tapi entah kenapa gaji cepat sekali habis. Nah, bisa jadi ini disebabkan oleh biaya makan yang membengkak.

Makan memang merupakan kebutuhan hidup, tapi banyak orang yang lupa kalau sebenarnya biaya makan juga bisa dihemat.

Karena menganggap makan adalah hal yang penting, orang pun cenderung royal untuk membelanjakan uangnya demi mengisi perut. Padahal kalau mau sedikit memutar otak, Anda akan bisa memperoleh makanan lezat dengan biaya lebih rendah, seperti berikut ini:

1. Manfaatkan jatah makan siang di kantor

Makan siang di mall dekat kantor mungkin jadi kebiasaan yang sering Anda lakukan selama ini. Alasannya ada banyak, mulai dari makanan jatah kantor yang kurang enak hingga ingin sekalian refreshing. Padahal kalau dihitung-hitung, makan di mall bisa 2 atau 3 kali lipat lebih mahal dari makan di warung biasa.

Maka dari itu, lebih baik Anda mengonsumsi jatah makan dari kantor daripada membuang uang untuk makan di mall. Kalau kurang cocok dengan rasa masakannya, Anda bisa membawa saos atau sambal sendiri dari rumah.

Sekarang sudah banyak saos aneka rasa mulai dari keju hingga blackpepper, serta sambal yang super pedas dan mantap dalam kemasan botol. Dengan harga terjangkau, Anda pun bisa meningkatkan rasa masakan kantor dengan mudah.

2. Periksa lagi daftar belanjaan Anda

Tak seperti yang Anda bayangkan, mungkin sebenarnya ada banyak sekali makanan yang tidak habis dikonsumsi setiap bulannya. Entah itu dressing salad untuk diet, kopi instan, makanan beku yang mudah digoreng, atau mungkin butter yang awalnya diniatkan untuk olesan roti.

Kadang saat belanja, Anda membeli sesuatu berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan. Hal ini jelas membuat biaya belanja jadi membengkak karena apa yang Anda beli belum tentu dikonsumsi.

Mulai saat ini, cobalah untuk berbelanja apa yang Anda butuhkan saja. Buatlah daftar terlebih dahulu sebelum belanja dan patuhi daftar tersebut apapun yang terjadi.

3. Jangan malas manfaatkan diskon

‘Wah, ikan segar lagi diskon, tapi inginnya masak ayam!’, kondisi seperti ini mungkin sering Anda alami. Di saat pergi ke supermarket untuk membeli ayam, ternyata ada diskonan khusus produk laut. Jika mengalami hal ini, lebih baik Anda membeli yang sedang diskon dan mengolahnya jadi menu yang lezat.

Sebab tak ada gunanya mengedepankan keinginan semata kalau nyatanya di akhir bulan dompet harus menderita. Toh meski sedang diskon, Anda tetap bisa mengolahnya jadi masakan yang lezat dengan berbagai bumbu, kan?

Satu hal lagi, pastikan Anda menghilangkan kebiasaan jajan dengan layanan pesan antar. Selain harga makanan yang lebih mahal, Anda juga masih harus membayar ongkos kirimnya.

Kalau cari jajanan, beli saja yang ada di sekitar rumah atau kantor Anda. Tak perlu sengaja keluar uang lebih untuk menuruti lapar mata yang tak ada habisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *