Mulai Investasi Sedari Muda, Begini Caranya!

‘Ah, masih juga umur 20-an, kenapa sudah harus memikirkan investasi?’, hal ini tentu banyak hinggap di pikiran Anda yang merasa masih terlalu muda untuk mulai meributkan investasi. Padahal, investasi bukanlah milik mereka yang sudah berumah tangga.

Investasi justru akan makin menguntungkan jika dilakukan sejak dini, meski Anda masih memiliki penghasilan yang kecil. Sayangnya, banyak yang merasa investasi terlalu sulit dilakukan apalagi kalau memiliki modal terbatas.

Well, coba dulu lakukan beberapa hal ini baru Anda bisa tahu bahwa investasi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan:

1. Kenali apa itu investasi

Investasi memang terdengar sedikit intimidatif, tapi hal ini sebenarnya memiliki artian yang cukup sederhana: menanamkan uang yang dimiliki untuk memperoleh keuntungan. Jadi Anda yang baru mulai bekerja dan gaji masih berada di bawah Rp 5 juta juga bisa sekali melakukan investasi.

Tak perlu menunggu hingga jadi miliarder, sebab investasi tak melulu berkutat pada hal saham dan juga property. Banyak sekali investasi kecil yang bisa dilakukan, misalnya menyimpan uang dalam bentuk deposito atau membeli emas. Dua hal ini kalau dilakukan dengan serius juga bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar, lho!

2. Displin mengatur keuangan

Untuk bisa berinvestasi dalam bentuk apapun, Anda harus berkomitmen mengumpulkan uang gaji dalam jumlah yang sama atau meningkat setiap bulannya. Hal ini cukup sulit untuk sebagian orang, karena mereka lebih memilih memakai uang untuk kebutuhan saat itu daripada disimpan untuk keuntungan yang belum tahu kapan bisa diambil.

Kalau Anda juga punya pola pikir seperti ini, ubah secepatnya. Hasil investasi memang tidak bisa dilihat secara instan, tapi bukan berarti tidak pasti. Kalau Anda berinvestasi terutama yang memiliki resiko rendah, sudah pasti akan ada hasil yang bisa diperoleh dalam jangka waktu tertentu.

3. Mengetahui jenis investasi yang cocok

Jangan pernah memilih suatu jenis investasi hanya karena Anda ikut-ikutan tren atau ingin meniru kesuksesan orang lain. Setiap orang memiliki karakter berbeda, modal berbeda, dan target berbeda pula, sehingga perlu memilih jenis investasi yang sesuai.

Untuk Anda yang masih pemula dan tidak memiliki pengalaman dalam bidang investasi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya supaya bisa menemukan jenis investasi yang paling cocok.

4. Terus memantau perkembangan investasi

Saat Anda sudah menetapkan pilihan pada satu jenis investasi, maka pastikan untuk selalu memantau kondisi terkini. Ikutilah arus pasar, naik turunnya nilai rupiah, dan hal-hal lain yang berpengaruh pada investasi Anda.

Selalu mengikuti perkembangan terkini akan membuat Anda lebih mudah memutuskan untuk melakukan sesuatu saat terhadi hal yang tidak diinginkan dan tidak sampai merugi.

Usia muda bukan berarti Anda bisa menghabiskan waktu hanya untuk bersantai dan menghabiskan uang. Mulailah belajar untuk berinvestasi, perbanyak juga referensi mengenai jenis investasi berbeda yang bisa diikuti.

Kuncinya, pastikan selalu disiplin untuk menyisihkan penghasilan bulanan sehingga bisa dijadikan modal investasi yang akan memberikan keuntungan di kemudian hari. Semoga berhasil dengan investasi Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *