Mencermati Ladang Uang dari Momen Pemilu di Indonesia

Pada tanggal 27 Juni 2018 kemarin seakan sebagai pintu gerbang dimulainya tahun politik di Indonesia. Hal itu dikarenakan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serempak yang digelar beberapa hari lalu tersebut.

Pada tahun 2019 mendatang akan ada pergulatan dalam dunia politik yang tak kalah menghebohkannya, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih presiden dan wakil presiden atau dikenal dengan istilah Pemilihan Presiden (Pilpres) sampai dengan pemilihan para wakil rakyat lainnya.

Walaupun ada yang meramalkan bahwa pemilu tahun depan dipenuhi dengan hal-hal yang kurang mengenakkan, akan tetapi bagi sebagian orang, justru menjadikannya sebagai ladang penghasilan. Nah, berikut ini adalah peluang usaha yang dapat Anda lakukan menyongsong tahun politik 2019 mendatang.

1. Fotografer dan videografer

Dikarenakan harus ada dokumentasi dan juga promosi untuk memperkenalkan wajah para calon legislatif maupun calon presiden, maka sudah pasti para fotografer dan videografer banyak dicari. Untuk bisa mendapatkan job di masa kampanye dan pemilu juga sebenarnya tidak sulit, sebab biasanya partai tidak menginginkan foto dan video yang rumit.

Mereka hanya ingin wakilnya ditampilkan secara good looking dan tentu saja didampingi dengan logo-logo partai yang bersangkutan. Coba deh, mulai saat ini Anda dekati beberapa kenalan yang aktif beraktivitas di partai. Siapa tahu mereka nantinya punya job untuk Anda?

2. Usaha sablon dan percetakan

Nah, yang satu ini juga akan panen besar saat masa kampanye dan pemilu. Dari hari ke hari, partai makin inovatif dalam melakukan kampanye, misalnya dengan mencetak stiker, membuat kaos, mencetak kalender, serta berbagai jenis merchandise lain yang mungkin ditempeli wajah para peserta pemilu. Poster dan baliho berukuran super besar juga sudah pasti jadi hal yang wajib. Maka dari itu, punya usaha percetakan bisa jadi membuat Anda cepat menumpuk pundi-pundi rupiah di masa kampanye dan pemilu.

3. Social media expert

Untuk menjaring para pemilih muda, mereka yang ikut kampanye biasanya juga aktif di media sosial. Tapi jangan harap para caleh yang super sibuk akan langsung membalas komentar maupun memposting foto-foto di media sosial mereka.

Biasanya ada tim khusus yang sengaja ditugaskan untuk menjadi admin dan membalas komentar dukungan di akun media sosial tersebut. Jadi kalau Anda saat ini bekerja di bidang yang ada hubungannya dengan media sosial, pemilu tahun depan bisa jadi momen berharga untuk mendapatkan uang tambahan.

4. Persewaan panggung

Di zaman secanggih ini, masih banyak juga partai yang lebih suka kampanye dengan cara konvensional, yakni memasang panggung dan membuat acara dangdutan serta orasi. Kampanye seperti ini memang dianggap lebih efektif untuk menjaring para pemilih yang buta teknologi.

Di tahun 2019 mendatang, sudah pasti para pemilik persewaan panggung juga akan kebanjiran orderan menjelanh kampanye dan pemilu.

Yang namanya bisnis, harus bisa peka memanfaatkan peluang yang ada. Jadi jangan ragu untuk mulai menjalin hubungan baik dengan beberapa aktivitas partai, siapa tahu Anda ikut kecipratan rejekinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *