Pekerjaan Paling Diminati di Tahun 2020

kodebank.my.id – Mungkin kamu sudah sering mendegar sebuah peribahasa, “Harga diri laki-laki itu adalah bekerja”. Ya, itu sebabnya, mengapa sebagian besar lelaki yang baru lulus SMA maupun lulus kuliah akan langsung mencari lowongan pekerjaan. Meski demikian, bukan berarti juga bahwa perempuan yang sudah lulus sekolah dan kuliah itu akan selalu berakhir di pelaminan lho. Apalagi di tahun 2020 ini pastinya harus punya pekerjaan yang diminati.

Nah, berbicara soal pekerjaan, ternyata ada beberapa jenis pekerjaan yang paling diminati di tahun 2020. Biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. SEO Specialist

Dewasa ini, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, permintaan pada pekerjaan SEO pun semakin meningkat. Istilah SEO itu sendiri merupakan singkatan dari Search Erngine Optimization. Ya, dengan menggunakan SEO, maka diharapkan kata kunci alias keyword yang ditargetkan bisa di index pada halaman pertama dalam mesin pencarian seperti Google. 

SEO bisa menargetkan beragam jenis pencarian, yang diantaranya adalah pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, pencarian akademik, pencarian berita, hingga mesin pencari vertical industry spesifik. Lain halnya dengan SEO Specialist, dimana mereka ini orang-orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO. Hasilnya, halaman website suatu perusahaan bisa menjadi yang paling teratas saat seseorang melakukan pencarian terhadap keyword atau kata kunci tertentu. 

Dengan demikian, maka seorang SEO Specialist memiliki peranan yang sangat penting dalam bidang Marketing Strategy sebuah perusahaan. Pada umumnya, SEO Specialist akan dibutuhkan di perusahaan digital marketing. Itu sebabnya, mengapa lowongan pekerjaan untuk bidang SEO Specialist selalu mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020. Tentunya itu kenapa SEO menjadi pekerjaan paling diminati di 2020 

2. Web + Mobile App Developer

Tak berbeda jauh dengan profesi yang pertama tadi, dimana profesi ini juga merupakan imbas dari perkembangan gaya hidup sebagian besar masyarakat terhadap dunia digital, sehingga kebutuhan aplikasinya semakin meningkat. Pemain besar dalam industry tersebut merupakan aplikasi pada system operasi android dan iOS. 

Hal itu bisa kita lihat, dimana segala sesuatunya dapat dilakukan melalui aplikasi. Ya, mulai dari memesan ojek, memesan makanan, memesan tiket pesawat, memperpanjan STNK, belanja, dan masih banyak lagi. Alhasil, sekarang ini banyak bermunculan para developer iOS dan Android guna memenuhi kebutuhan dalam menciptakan sebuah aplikasi. Belum lagi dengan menjamurnya perusahaan start-up hingga perusahaan global yang mulai mengembangkan aplikasi web / mobile untuk menjangkau para konsumennya. Itu artinya, profesi sebagai pengembang aplikasi akan banyak dicari dan dibutuhkan mulai dari tahun 2020 hingga beberapa tahun mendatang. 

3. Software Developer (Pekerjaan yang Berhubungan Dengan IT)

Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, boleh dibilang hampir semua perusahaan skala kecil maupun besar membutuhkan system komputerisasi untuk mengembangkan setiap bisnis yang dijalaninya. Bahkan, teknologi komputer juga diperkirakan akan semakin berkembang sehingga lowongan pekerjaan di bidang IT, terutama untuk bidang programmer dan software developer akan terus meningkat. 

4. PSDM

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa profesi dalam bidang sumber daya manusia tidak pernah surut. Ya, setelah di tahun-tahun sebelumnya divisi sumber daya manusia (SDM) lebih banyak berperan dalam melakukan perekrutan orang, kini PSDM berperan untuk memberikan ilmu baru bagi karyawan dengan sejumlah pelatihan. Hasilnya, para karyawan tersebut akan lebih siap lagi dalam menghadapi persaingan globalisasi. 

Tak hanya itu, perusahaan juga sangat membutuhkan orang yang dapat mengelola emosi mampu membuat keputusan sulit dengan alasan yang rasional, berorientasi pada pelayanan, serta ahli dalam berunding dan bersikap supel. 

5. Konsultan

Pada dasarnya, bisnis konsultan di Indonesia itu sudah populer sejak tahun 1990an silam lalu lho. Bahkan pada beberapa tahun terakhir, profesi yang satu ini mulai bertambah seiring dengan munculnya berbagai kebutuhan yang baru. Meski terkesan mudah dan simple, namun untuk membangun sebuah firma atau perusahaan konsultan itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Begitu pun yang terjadi di tahun 2020 ini, dimana pertumbuhan bisnis serta perdagangan diprediksi akan meningkat dua digit. Tentu saja hal tersebut akan membuat bidang konsultasi menjadi pilihan karir yang paling menjanjikan bagi para pencari kerja. 

6. Dokter Gigi

Tak sedikit masyarakat yang memiliki masalah gigi, terlebih untuk kalangan anak yang memang rentan terhadap permasalahan gigi. Meski demikian, bukan berarti juga bahwa orang-orang dewasa akan kebal terhadap permasalahan yang satu ini. Sejatinya, permasalahan gigi bukan karena faktor usia, melainkan dari seberapa baikkah dalam melakukan perawatan terhadap gigi. Dikutip dari World Economic Forum (WEF), yang menyebutkan bahwa profesi dokter akan terus mangalami peningkatan hingga beberapa tahun mendatang. 

7. Dokter Spesialis Bedah

Sejak tahun 2018, profesi menjadi dokter ahli bedah ini memang sudah banyak peminatnya. Terlebih di tahun 2020 ini, dimana profesi tersebut akan sangat menjanjikan bagi masa depan. Namun, untuk bisa menjadi seorang dokter ahli bedah itu bukanlah perkara yang mudah. Ya, dibutuhkan waktu yang cukup lama serta modal yang tak sedikit. Kendati demikian, namun bayaran dari seorang dokter ahli bedah ini benar-benar sangat fantastis. Ini menjadi alasan mengapa dokter spesialis bedah jadi salah satu pekerjaan paling diminati di tahun 2020 bahkan sejak dahulu

8. Instruktur Fitness

Pada tahun 2020 ini, fitness menjadi salah satu kegiatan olaharaga yang paling banyak digandrungi. Bagi mereka yang masih awam dalam dunia fitness, tentu saja mereka akan kebingungan saat memasuki tempat gym. Nah, dari sanalah peran seorang instruktur fitness mulai dibutuhkan. Para instruktur fitness ini akan membantu mereka yang awam agar bisa memahami segala hal tentang dunia gym, mulai dari cara menggunakan alat di gym, melatih pembentukan otot, program diet yang benar, dan penerapan gaya hidup yang sehat. 

9. Desainer Produk

Pekerjaan selanjutnya yang paling populer di tahun 2020, yaitu menjadi seorang desainer produk. Profesi yang satu ini diharuskan mampu untuk meracang, mendesain produk, dan mengembangkan beragam jenis produk seperti gadget, otomotif, barang manufaktur dan lain sebagainya.

Itu sebabnya, mengapa sebuah skill atau keterampilan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang yang berprofesi sebagai desainer produk. Bagi kamu mempunyai latar belakang pendidikan design product, tentu peluang kamu untuk berprofesi sebagai desainer produk sangatlah besar. Menurut kabar yang beredar, seorang desainer produk itu akan digaji mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 30 juta per bulannya lho.

10. Arsitek

Menurut World Economic Forum (WEF), yang menyebutkan bahwa kebutuhan tenaga arsitektur akan terus mengalami peningkatan di tahun 2020 hingga beberapa tahun mendatang. Tak hanya itu, WEF juga memprediksi setidaknya akan ada 2 juta lapangan pekerjaan yang membutuhkan profesi arsitek dan beberapa ahli teknik lainnya. Ya, hal itu dikarenakan faktor semakin banyaknya pembangunan mulai dari perumahan, insfratruktur, dan lain sebagainya. Gaji dari seorang yang berprofesi arsitektur ini berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 50 jutaan. Arsitek menjadi pekerjaan paling diminati juga sejak dulu dan hingga di tahun 2020 ini

Bagaimana, sangat mengiurkan bukan?

Baca juga: Bisnis Sampingan yang Simple Namun Menjanjikan 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *