Cara Menghindari Kebangkrutan dalam Berbisnis

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa yang namanya bisnis itu kadang untung kadang rugi, kadang penjualan ramai kadang sepi, dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang suatu bisnis yang sudah dirintis bertahun-tahun, telah mengalami kemunduran dan hampir bangkrut. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini cara untuk menghindari kebangkrutan dalam berbisnis :  

  1. Mendapatkan Bantuan Dari Orang yang Berkompeten

Cara untuk menghindari kebangkrutan dalam berbisnis adalah dengan cara mendapatkan bantuan dari orang lain yang berkompeten seperti pakar bisnis, tentunya dalam mengelolah bisnis tidak cukup dalam mempekerjakan seseorang untuk membantu anda dalam mengelola bisnis anda. Sehingga, anda bisa mempekerjakan orang yang benar-benar berkompeten dan bisa membantu bisnis anda berkemabng. Selain itu juga, orang yang tepat dapat meminimalisir risiko kebangkrutan bisnis serta dapat meningkatkan kinerja operasi dalam berbisnis.

  1. Tinjau dan Kendalikan Pengeluaran Anda

Dengan mengendalikan pengeluaran anda dapat mencegah kebangkurat dalam berbisnis, sehingga pengeluaran yang dirasa tidak penting dan tidak efektif harus dikurangi. Karena jenis pengeluaran ini merupakan jenis pengeluaran yang tidak akan menambah nilai bagi perusahaan anda, sebagai contohnya yaitu biaya berlangganan akun streaming musik dan keanggotaan gym yang sebenarnya tidak diperlukan untuk kegiatan operasional bisnis anda harus dihentikan. Selain itu, anda juga harus meninjau keuangan anda dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu untuk operasi harian bisnis anda.

menghindari bisnis bangkrut

 

  1. Prioritaskan Pembayaran Utang

Cara lainnya yang bisa terhindar dari kebangkrutan dalam berbisnis adalah dengan memprioritaskan untuk membayar utang, dan ada juga harus selalu untuk menyisihkan dana untuk pembayaran terhadap kreditur.

  1. Restrukturisasi Utang

Carilah saran dari beberapa orang yang berprofesional  di bidang dunia bisnis, ketika anda hendak merestrukturisasi utang. Restrukturisasi utang merupakan suatu proses di mana dapat menentukan utang yang diubah, yang dapat memberikan kemudahan kepada debitur dalam membayar kembali utangnya. Anda juga bisa dapat meminta untuk memperpanjang periode pembayaran, atau juga bisa  merestrukturisasi jumlah pokok utang tersebut. Setelah anda menyetujui persyaratan-persyaratan yang sudah disepakati, diharapkan anda akhirnya dapat membayar utang tersebut dengan lancar.

  1. Konsisten dengan rencana Bisnis Anda

Anda harus memperhatikan secara baik rencana bisnis apa saja yang anda buat, karena hal ini dapat mengamankan dana awal anda dan hal ini juga merupakan dokumen yang menjabarkan visi tujuan bisnis anda. Sehingga, anda harus selalu pertahankan rencana bisnis dengan sebisa mungkin dan anda juga harus selalu untuk berkomitmen untuk pencapaiannya. Tentunya, rencana bisnis sangat penting untuk tata kelola dan keberhasilan dalam berbisnis. Pada umumnya, rencana bisnis yang tepat dapat mencakup rencana penjualan dan pemasaran, rencana operasi, anggaran biaya modal, dan proyeksi arus kas.

Memang menjadi seorang pebisnis itu haruslah memiliki mental baja yang kuat, supaya bisa bertahan dan kuat dalam menghadapi segala rintangan dan hambatan dalam berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *