Cara Jitu Atur Keuangan Supaya Tak Keluar Kontrol Saat Renovasi Rumah

Merenovasi rumah merupakan sebuah kegiatan besar yang akan menghabiskan banyak sekali dana. Tapi hal ini tidak terhindarkan karena setelah beberapa tahun, pasti ada bagian rumah yang butuh perbaikan.

Kalau tidak dilakukan, bisa jadi kerusakan makin parah dan Anda akan membutuhkan lebih banyak uang untuk memperbaikinya. Selain itu, keselamatan keluarga tercinta juga bisa jadi taruhan jika ada bagian rumah yang keropos atau mulai aus.

Maka dari itu, jangan lagi menunda kalau memang sudah waktunya untuk merenovasi rumah. Ada beberapa yang bisa sangat membantu dalam mengatur keuangan supaya Anda tak sampai kehabisan tabungan. Berikut informasinya:

1. Belanja secara cermat

Banyak orang yang mempercayakan pembelian bahan bangunan kepada tukang yang mengerjakan perbaikan. Hal ini memang lebih praktis, namun tukang tidak akan memikirkan masalah mahal atau murah. Yang mereka lakukan hanyalah mencari bahan yang dibutuhkan tanpa pusing-pusing berhitung masalah budget.

Tentu akan lebih menguntungkan kalau Anda bisa berbelanja sendiri dan membandingkan harga di satu toko dengan toko lain, serta harga antara merek A dan merek B. Jika perlu, lakukan pula pencarian secara online untuk mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan dan bisa menghemat biaya.

2. Bersikaplah fleksibel

Anda sebenarnya ingin melakukan pewarnaa ulang pada dinding rumah dengan car warna mint yang sedang jadi tren. Tapi masalahnya, warna satu ini hanya ada di merek tertentu yang harganya sangat mahal. Apakah Anda harus bersikeras untuk membelinya? Tentu saja jangan! Jadilah lebih fleksibel dengan berganti pilihan merek lain.

Anda bisa membeli cat yang lebih murah dengan warna hijau muda dan putih, kemudian mencampurnya sendiri hingga menemukan warna yang diinginkan. Memang hasilnya tak akan sama persis, tapi percayalah perbedaannya tak akan terlalu terlihat. Dengan cara ini, Anda juga bisa menghemat cukup banyak uang.

3. Pilih tenaga kerja yang bisa dipercaya

Untuk urusan membangun rumah, penting sekali mencari tukang bangunan yang bisa dipercaya. Jika tidak, Anda hanya akan dipermainkan. Banyak sekali tukang bangunan yang memanfaatkan ketidaktahuan si pemilik dengan mengatakan bahwa banyak bagian rumah yang perlu diperbaiki dari rencana awal.

Cara ini digunakan sehingga masa kerja menjadi lebih panjang dan gaji yang diterima pun jadi lebih besar. Ada pula tukang bangunan yang bekerja dengan lelet saat tidak diawasi sehingga proses renovasi memakan waktu lebih lama.

Hal ini tentu membuat pengeluaran jadi makin membengkak. Tapi kalau Anda memilih tukang yang bisa dipercaya, maka mereka akan bekerja dengan efektif sesuai permintaan.

4. Konsisten pada rencana awal

Awalnya Anda hanya ingin memperbaiki atap yang bocor, tapi kemudian terpikir untuk menambahkan jendela di salah satu kamar supaya terasa lebih sejuk.

Wah, kebiasaan seperti ini yang membuat proses renovasi jadi lebih lama dan memakan biaya lebih besar pula. Anda sebaiknya konsisten ke satu rencana saja dan jangan tergoda untuk melakukan hal yang tidak terlalu urgent.

Pastikan juga berkomunikasi dengan pasangan atau keluarga sebelum merenovasi rumah untuk mendapat masukan mengenai model atau hal lain yang penting dalam pengerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *