4 Langkah Sederhana untuk Miliki Asuransi Pertama Kali

Mungkin sekarang ini sudah ada banyak sekali orang yang melek asuransi dibandingkan beberapa tahun lalu. Hal itu dikarenakan benefit yang didapatkan cukup terasa, walaupun harus sedikit ‘bersusah-susah’ di awal atau tiap bulannya.

Hanya saja, dari banyaknya orang yang sudah melek asuransi tersebut, ternyata para kaum milenial, terutama yang baru saja beranjak dari zona remaja ke zona dewasa, masih menganggap sepele akan pentingnya asuransi.

Rata-rata akan menganggap bahwa membeli produk suatu asuransi adalah buang-buang uang belaka dan tidak ada manfaatnya sama sekali.

Bahkan, menurut penelitian dari Princeton Survey Research Associates International menyebutkan bahwa generasi milenial sekarang adalah generasi yang paling terbelakang dibandingkan dengan generasi 10 atau 20 tahun lalu, tentang pemahaman akan asuransi.

Walaupun dikatakan banyak kaum milenial yang masih belum melek asuransi, namun bukan berarti dipukul rata bahwa mereka semua adalah sama. Pasalnya, ada banyak pula yang mulai menganggap asuransi adalah penting, terutama bagi mereka yang sudah berumahtangga.

Berikut ini adalah kiat-kiat sederhana yang dapat digunakan oleh para milenial yang baru pertama kali akan membeli asuransi.

1. Prioritas

Memang akan sedikit memusingkan jika harus memilih membeli produk asuransi yang berguna atau mempertimbangkan masalah harganya. Dalam hal ini, disarankan bagi Anda, kaum milenial, untuk lebih memprioritaskan masalah fungsi daripada harganya.

Dengan kata lain, tidak perlu serakah untuk langsung membeli produk asuransi yang memiliki cakupan sangat besar. Anda dapat memulainya dengan membeli produk asuransi yang hanya memberikan perlindungan pada satu hal atau dua hal saja.

Tidak perlu terlalu muluk-muluk, akan tetapi jika dapat mempunyai produk asuransi yang sesuai dan dapat memperoleh benefitnya secara maksimal, it’s worth to try!

Memang harga tidak pernah mengkhianati produknya, namun menentukan jenis pertanggungan yang tepat dan lebih dibutukan adalah yang paling direkomendasikan.

2. Diskon

Setelah menentukan produk asuransi seperti apa dan dari perusahaan mana, untuk lebih memangkas jumlah pengeluargan, Anda dapat saja melakukan negosiasi kepada sang agen untuk dapat memberikan Anda diskon.

Terkadang, dikarenakan persaingan antar-agen asuransi yang sangat ketat, dari masing-masing perusahaan dan agennya sendiri harus berupaya keras untuk dapat memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya.

Dikarenakan hal itulah, Anda dapat memanfaatkannya dengan meminta potongan pembayaran atau diskon.
Cakupan tambahan

Selain mendapatkan benefit dari produk asuransi yang telah Anda pilih dan beli, Anda juga disarankan untuk dapat meminta bantuan dari sang agen dalam hal mencarikan jalan lain agar benefit produk yang telah Anda belu tersebut dapat lebih bertambah dengan cakupan lebih luas lagi.

Jika memang tidak ada bantuan dari sang agen, maka Anda dapat memasukkan sendiri cakupan-cakupan apa saja yang dapat dilindungi oleh jenis produk asuransi yang Anda beli tersebut.

3. Agen independen

Memang agak terasa riskan, namun ada satu keuntungan jika Anda memiliki agen asuransi independen atau tidak terikat dengan satu perusahaan saja atau dapat dikatakan sebagai broker.

Keuntungan untuk membeli produk asuransi dari agen independen adalah sang agen akan memiliki jenis produk asuransi yang lebih banyak dibandingkan dengan agen yang hanya menjual produk dari satu perusahaan saja.

Hanya saja, Anda juga wajib benar-benar selektif dalam memilih agen independen ini, karena jika terjadi sesuatu, pihak perusahaan tidak akan mau memberikan ganti rugi apapun kepada Anda. Pasalnya, mereka akan beranggapan bahwa agen tersebut bukanlah secara resmi tercatat sebagai agen mereka.

Memang benar bahwa membeli satu produk asuransi itu sama dengan membeli angin dalam kantong yang mana tidak dapat diketahui dan dirasakan bentuknya, hanya saja, jika terjadi suatu masalah, maka produk tersebut dapat memberikan perlindungan kepada masa depan Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *