4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Habiskan Uang dalam Sekejap

Kadang kala yang membuat uang cepat habis bukanlah mengeluarkannya untuk hal-hal besar seperti bayar cicilan atau beli smartphone baru, namun justru hal-hal remeh yang sering tidak diperhatikan.

Saking remehnya, Anda sampai menganggap hal ini sama sekali tidak menghabiskan banyak uang. Padahal kalau dilakukan terus menerus, cukup banyak juga dana yang dihabiskan.

Tak percaya? Coba Anda instrospeksi diri sambil baca informasi berikut ini:

1. Beli air mineral

Harga air mineral kan, cuma 2500 per botol, murah lah! Dengan pemikiran seperti ini, Anda pun hampir selalu membeli air mineral ketika berada di luar rumah termasuk saat di kantor.

Memang sih, harganya tidak seberapa. Dalam sebulan juga paling banyak menghabiskan Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu untuk membeli air minum tiap hari. Tapi coba bandingkan, bagaimana kalau Anda membawa botol minum sendiri yang diisi dari rumah? Berapa uang yang perlu dihabiskan dalam satu bulan? Nol!

2. Bayar parkir

Anda mungkin bisa menahan diri dari belanja, tapi tak bisa menahan diri dari yang namanya window shopping. Tak heran kalau dalam sehari ada beberapa lokasi berbeda yang jadi tujuan untuk cuci mata.

Anda mungkin berpikir hal tersebut tak masalah karena hanya window shopping tak dipungut biaya. Tapi Anda lupa, bukankah parkir kendaraan juga butuh uang? Uang Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu di setiap lokasi window shopping bukan hal yang kecil lho, kalau dijumlahkan dalam sebulan.

Apalagi kalau Anda parkir di mall yang menarik tarif progresif setiap jam, wah makin bangkrut, deh!
‘Membuang’ uang recehan

Banyak orang yang tak suka menyimpan uang recehan di dompet dengan alasan berat. Uang recehan pun kemudian dipindahkan ke laci, kantong tas, saku celana, atau di mana pun yang kemudian seringkali dilupakan.

Kebiasaan ini tanpa Anda sadari sudah menghilangkan kesempatan untuk menabung. Padahal kalau uang recehan tersebut dikumpulkan, jumlahnya lama-lama juga bisa banyak.

Kalau malas pakai uang recehan, kan masih bisa ditukarkan? Banyak kok, orang yang mau menerima uang recehan seperti para pedagang atau tukang parkir. Jadi mulai sekarang jangan sia-siakan uang recehan, ya!

3. Sering membelikan titipan teman

Anda tentu tak bisa menghindar saat ada teman yang menitip camilan atau minuma ketika Anda keluar untuk makan. Harganya pun tak seberapa paling berkisar Rp 10 hingga Rp 50 ribu saja. Tapi justru ini yang membuatnya jadi musibah. Karena jumlahnya yang kecil, orang seringkali meremehkan dan melupakan.

Akhirnya tanpa sadar Anda jadi sering mengeluarkan uang untuk membelikan orang lain. Mau menagihnya juga malu karena jumlahnya terlalu kecil. Jadi mulai saat ini biasanya untuk meminta uang dulu sebelum membeli titipan teman dengan alasan ‘bawa uang mepet’.

Sudah sadar kalau ada banyak uang terbuang akibat kebiasaan-kebiasaan remeh tersebut? Mulai sekarang, yuk usahakan mengurangi kebiasaan tersebut supaya uang bulanan bisa lebih awet dan digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *