Tips dan Cara Memulai Usaha Kuliner

Kodebank.my.id – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah padam oleh waktu.

Mengapa demikian? Pasalnya, makanan merupakan kebutuhan primer bagi umat manusia. Itu sebabnya, mengapa semakin hari semakin banyak saja masyarakat kita yang tertarik untuk menggeluti bisnis kuliner.

Nah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis kuliner, berikut di bawah ini ada beberapa tips dan trik mengenai cara memulai usaha kuliner.

1. Tentukan Jenis Kulinernya

Tips pertama untuk para pemula dalam membuka usaha kuliner, yakni menentukan dulu jenis kulinernya. Dalam hal ini, kamu harus berani melakukan inovasi agar berbeda dengan para pesaing kuliner lainnya.

Misalkan saja saat ini sedang ramai jualan kuliner berupa cireng, maka kamu harus membuat cireng yang berbeda.

Contohnya, kamu melakukan beragam inovasi pada cireng tersebut dengan beragam varian rasa seperti keju, BBQ, pizza, dan sebagainya.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin bahwa usaha cireng yang kamu rintis itu dapat bersaing dengan pedagang lainnya.

2. Memiliki Komitmen

Komitmen merupakan salah satu kunci sukses dari semua jenis usaha yang dilakukan, termasuk dalam memulai usaha kuliner.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki komitmen yang kuat dalam membangun usaha kuliner tersebut. Walapun usaha kulinermu itu termasuk skala kecil-kecilan, tapi tetap saja kamu harus menjalankannya secara terorganisir dengan perencanaan yang matang.

3. Persiapkan Modal

Bagi para pemula, poin yang satu ini memang selalu menjadi kendala dalam merintis usaha. Besar kecilnya modal yang diperlukan, tentu saja tergantung pada jenis usaha yang akan kamu rintis.

Apabila usahanya besar, pastinya kamu membutuhkan modal yang besar pula.

Namun, kamu bisa mendapatkan modal tersebut dengan cara meminjam ke salah satu anggota keluarga, kerabat, sahabat, rekan kerja, hingga bank. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan modal ini dengan mencari investor.

4. Pemilihan Lokasi Jualan

Setelah modalnya kamu dapatkan, maka tips berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mencari lokasi berjualan.

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih tempat jualan yang lokasinya strategis, seperti di area perkantoran, sekolahan, universitas, pemukiman padat penduduk, pinggir jalan, dan pusat-pusat keramaian lainnya.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Online Dengan e-Billing Pajak

5. Mempekerjakan Karyawan Yang Berpengalaman

Karyawan yang bekerja pada usaha kuliner itu biasanya memiliki tugas masing-masing, mulai dari chef, waiter, dishwaser, kasir, dan lain sebagainya.

Tapi jika usaha kulinermu itu masih dalam skala kecil-kecilan, maka pekerjakanlah satu atau dua orang karyawan saja.

6. Jangan Mematok Harga Yang Terlalu Tinggi

Mengingat usaha kulinermu itu masih dalam tahap merintis, tentu saja sangat tidak etis jika kamu langsung mematok dengan harga tinggi.

Oleh karena itu, kamu harus memberikan hagra standard, yakni tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu kemahalan.

7. Rajin Melakukan Promosi

Tips berikutnya untuk para pemula dalam memulai usaha kuliner, yakni harus rajin melakukan promosi. Cara promosi ini bisa kamu lakukan mulai dari keluarga, kerabat, sahabat, rekan kerja, atau bahkan komunitas (jika punya).

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai media sosial sebagai sarana promosi seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan semacamnya.

Dengan melakukan promosi secara gencar, maka bukan tidak mungkin bahwa usaha kulinermu akan semakin dikenal masyarakat luas.

Itulah beberapa tips dan cara memulai usaha kuliner bagi para pemula, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit BCA Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *