Cara Membuat Akun Bisnis Whatsapp dan Cara Menggunakannya

Kodebank.my.id – Ada kabar baik untuk anda para pelaku bisnis yang selama ini selalu menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai tempat untuk berinteraksi dengan konsumen.

Karena kini WhatsApp sudah mengeluarkan versi terbaru yang dirancang khusus untuk penggiat dunia bisnis dan marketing.

WhatsApp Business dan personal adalah aplikasi yang berbeda jadi untuk anda yang memiliki bisnis sebaiknya anda menggunakan WhatsApp Business. Anda bisa mendownload dahulu Aplikasi WhatsApp di PlayStore atau Appstore.

Mendaftar Akun WhatsApp Business

Dalam mendaftarkan akun whatsapp bussiness sama halnya seperti membuat akun personal yang dimana membutuhkan nomor ponsel yang aktif dan juga nomor ponsel tersebut belum pernah digunakan oleh aplikasi whatsapp standar.

Maka sebaiknya jika Anda ingin menggunakan nomor yang sama, Anda harus memilih salah satu yaitu tetap versi standar atau beralih menjadi akun bisnis.

Cara membuat akun bisnis Whatsapp:

  • Langkah pertama, Anda download dahulu aplikasi WhatsApp Business dari Play Store atau Appstore.
  • Setelah aplikasi terinstall, maka jalankan aplikasi seperti biasa dan tap Agree and Continue untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Saat muncul jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa kali.
  • Setelah itu, Anda diminta untuk masukkan nomor ponsel yang akan digunakan.
  • Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat. Tetapi jika tetap diminta, silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang terdapat di dalam pesan tersebut.
  • Tahap terakhir, isi nama akun bisnis Anda, pastikan terisi dengan benar dan sesuai dengan keinginan karena nama pada akun ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Dan selesai, akun WhatsApp Business Anda sudah berhasil dibuat, Anda sudah bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen.

Mengubah Profil Bisnis

Anda bisa mengatur profil bisnis akun seperti alamat, kategori bisnis, jam operasional dan alamat web dan anda bisa mengubah dan menambahkan dengan mengakses pada menu Setting – Bussiness Settings.

Seperti yang sudah diutarakan, pada pengaturan tersebut Anda bisa mengisi data perusahaan seperti lokasi kantor atau toko, kategori, foto, deskripsi dan juga situs web. Jika semua data sudah terisi, Anda tinggal tap tombol Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Baca juga: 5 Ide Peluang Bisnis Bermodal Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga

Melihat Statistik Pesan

Panel statistic sudah disiapkan untuk menyimpan informasi pesan seperti informasi tentang berapa banyak pesan yang Anda terima dan kirimkan kepada pelanggan. Cara mensettingnya yaitu masih di menu Settings, tap menu Statistic.

Membuat Away Message

Away message biasanya digunkan oleh pelaku bisnis untuk membantu agar tetap terhubung ke konsumen ketika mereka sedang tutup atau tidak ada di tempat.

Fitur ini bisa memberikan jawaban otomatis ketika ada seorang konsumen mengirimkan pesan. Caranya yaitu tap menu settings—Bussiness Settings—Away Message.

Pada menu tersebut berikan tanda centang untuk mengaktifkan fitur ini dan pesan bisa di edit dan masukan kalimat yang akan anda masukan. Setelah selesai, Anda bisa tap Save untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Greeting Message

Greeting Message mampu membantu untuk Anda sebagai pengelola bisnis agar tetap menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.

  • Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message
  • Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan sesuai yang anda inginkan dan buat kata agar pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Mengaktifkan Fitur Enkripsi

Secara default, pesan dan panggilan di WhatsApp Business terlindungi oleh prosedur enkripsi end-to-end. Namun dengan satu langkah tambahan, Anda bisa mengetahui perubahan kode dari kontak yang menghubungi Anda.

Itulah cara membuat akun bisnis Whatsapp dan cara menggunakannya. Terima kasih.

Baca juga: 4 Peluang Bisnis yang Laris Manis Ditengah Pandemic Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *